Rabu, 05 Mei 2010

5 KANKER YANG MENGINTAI PRIA

Kenali dan pelajari bagaimana mendeteksi serta memukul balik kanker yang menyerang anda.

  1. PROSTAT

Gejala awal : nyaris tak ada. Walau demikian, sering kencing namun tidak tuntas, atau ada keinginan untuk kencing namun tidak dapat keluar merupaka indikasi adanya maslah dengan prostat anda. “Pemeriksaan anus secara digital dapat memberitahu anda apakah prostat anda dalam kondisi baik atau tidak.

Tes : Tes PSA merupakan tes darah yang digunakan untuk mendeteksi suatu protein yang dilepaskan dari kelenjar prostat ke dalam darah.tingkat PSA dinyatakan normalpada nilai 4-10 nanogram. Jika hasil tes PSA anda berada di atas 10 nanogram, maka ada kemungkinan anda mengidap kanker prostat. Semakintinggi tingkat PSA anda, maka semakin besar pula kemungkinan kanker telah berlanjut.

  1. PARU-PARU

Gejala awal : Kanker paru-paru merupakan salah satu penyabab kematian terbesar bagi pria. Batuk yang tak mau pergi dan justru semakin bertambah parah merupakan salah satu gejala yang dengan mudah dapat anda kenali. Selain itu dahak berdarah, napas terasa sesak dan pendek-pendek, mudah lelah, kehilangan selera makan dan munculnya pembengkakan di wajah atu leher, juga merupakn beberapa gejala lainnya.

Tes : X-ray dada adalah tes yang paling umun untuk dilakukan. Jika tes ini dianggap belum cukup, beberapa tes ini dianggap belum cukup, beberapa tes lain bisa dilakukan seperti : CT scan, MRI, PET scaning, dan tes darah.

  1. KOLOREKTAL

Gejala awal : Adanya perdarahan pada usus besar yang terlihat dari ditemukannya darah pada kotoran saat anda buang air besar, diare atau sembelit tanpa sebab yang jelas, penurunan berat badan,rasa sakit diperut,dan perut yang tetap terasa penuh walau sudah buang air besar-merupakan gejala-gejala asanya kanker kolorektal.

Tes:Fecal occult blood test (FOBT) bertujuan untuk memeriksa kotoran.bila dari tes ini terdeteksi adanya darah,perlu untuk dicari sumber darah tersebut,apakah dari rectum,kolon,atau bagian usus lainnya.Pemeriksaan lanjutannya adalah:Sigmoidoscopy dan colonoscopy dengan menggunakan teropong yang dimasukkan melalui dubur,untuk memeriksa bagian dalam rectum dan kolon.

  1. GETAH BENING

Gejala awal :terjadi pembengkakan kelenjar getah bening pada area leher,ketiak,aatau pangkal paha.Pembesaran kelenjar ini biasanya diawali dengan adanya gejala penurunan berat badan,demam,dan berkeringat dingin dimalam hari.

Tes:Biopsi jaringan tumor,tes darah dan urin,ultrasonografi (USG) abdomen,pemeriksaan sum-sum tulang,dan CT Scan (jika diperlukan).

  1. MELANOMA

Gejala awal :Melanoma diawali dengan adanya pertumbuhan kulit baru yang kecil dan berpigmen pada kulit yang normal.Biasanya muncul pada bagian kulit yang sering terekspos sinar matahari.tapi terkadang muncul pada tahi lalat yang berpigmen.

Tes:biopsy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar