Kamis, 06 Mei 2010

Latih pikiran anda

Gunakan program neuro-linguistic yang disarankan Donald MacNaughton untuk meraih sukses

· Every situation is recoverable

Memprogram otak anda untuk mempercayai bahwa hal buruk bisa diatasi adalah perbedaan antara terus berusaha dan menyerah. Tim sepakbola yang tertinggaal 3-0 dapat kembali percaya bisa menang kalau bisa membuat satu gol balasan, lalu satu lagi. Kemampuan untuk focus pda langkah kecil bisa anda ambil dibandingkan mengkhawatirkan gambaran besar, adalah hal yang membedkan pemenang dengan yang lainya.

· Don’t give anything away

Ambil contoh tiga atlit terbaik : Tiger Woods, Roger Federer dan Michel Jordan – mereka tidak pernah mengisyaratkan apa yang sedang mereka rasakan, bahkan ketika mereka sedang berada dalam tekanan. Berteriak-teriak marah dan bersumpah serapah, justru menyemangati lawan. Tetap tenang dan bersikap positif, khusunya ketika anda tampil kurang maksimal. Ini justru mempenagruhi permainan lawan.

· Always have a plan B

Anda mungkin pemilik service tenis terbaik di dunia, tapi jika lawan anda bisa mengembalikan bola, anda akan mendapat masalah. Memikirkan strategi alternative sebelumnya, berjaga-jaga jika rencana utama anda tidak berhasil, merupakan hal mendasar untuk sukses. Anda juga harus mempunyai strategi reaksi, untuk menjaga seadainya anda tidak memulai pertandingan sesuai dengan keinginan anda.

· Having a routine

Keberhasilan seringkali berupa momentum, jadi penting untuk memperlakukan setiap poin, ronde, atau urutan permainan sebagai suatu yang tidak berhubungan denganyang terjadi sebelumnya. Hal ini akan menghentikan perasaan negative anda saat situasi buruk dan menjaga anda tetap rendah diri di situasi bagus. Rutinitas – memantulkan bola sebelum serve atau menyeka wajah dengan handuk – akan membuat pemikiran anda kembali ke awal setiap kali, dan bersiap beraksi kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar